WARTALIKA.id – Wakil Ketua Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan menyetujui adanya usulan kenaikan dana operasional tugas dan fungsi RT/RW DKI Jakarta. Dia juga berharap ada kenaikan dana operasional untuk relawan lainnya seperti dasa wisma, LMK hingga kader juru pemantau jentik (Jumantik).

“”Saya setuju, melihat di lapangan kinerja RT/RW cukup bagus, bahkan saya sering dapat laporan kalau reses, mereka mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri untuk operasional kegiatan tertentu,” ucapnya.

August juga meminta jika nantinya uang operasional tersebut dinaikkan, harusnya berbanding lurus dengan peningkatan kinerja dan kualitas RT/RW tersebut. Sebab, menurut dia masih banyak terjadi masalah komunikasi terutama tentang penyaluran bantuan-bantuan dari pemerintah pusat ataupun provinsi.

“Jadi komunikasi RT/RW harus terjalin dengan baik, lancar komunikasinya sehingga warga merasa diayomi dan nyaman dengan adanya RT/RW tersebut. Warga juga harusnya berperan sebagai pengawas jika ada RT/RW yang kinerjanya kurang berkenan,” jelasnya.

”SPACEIKLAN”

Berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1674 Tahun 2018, uang operasional RT ditetapkan sebesar Rp 2 juta, sedangkan RW Rp2,5 juta per bulan.