WARTALIKA.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan penumpang kereta api khususnya pada masa Angkutan Lebaran, PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan takjil gratis berupa makanan dan minuman kepada para penumpang menjelang waktu berbuka puasa.

Adapun pembagian takjil gratis ini berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 12- 21 April 2023.

“Sebanyak 15.500 paket takjil berisi 1 buah roti,, qurma dan air mineral dibagikan secara cuma-cuma di Stasiun dengan alokasi 7000 paket di Stasiun Gambir dan 8.500 paket di Stasiun Pasar Senen,’ ujar Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/4).

Eva mengatakan, selama masa angkutan lebaran di area KAI Daop 1 Jakarta terdapat 1513 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi terhitung mulai tanggal 12 April sampai 3 Mei 2023. Dari jumlah tersebut sudah termasuk operasional perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA untuk masa angkutan lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan volume penumpang KAJJ pada Rabu 12 April 2023 untuk keberangkatan dari stasiun Gambir dan Pasar Senen terlihat jumlah penumpang masih normal. Sekitar 6.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 3.800 penumpang dari Stasiun Gambir

‘Pada hari ini untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sekitar 500 ribu tiket telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 hingga H-1 lebaran atau 17-22 April 2023,’ kata Eva.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Pemesanan tiket angkutan lebaran sdh dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain melakukan persiapan melalui keandalan sarana dan peningkatan jumlah perjalanan melalui KA Tambahan, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu dan area bermain anak.

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6-12 tahun.

“Dimana anak pada usia tersebut  yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster,” jelasnya.

Eva juga mengimbau kepada pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

‘Melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI,” Imbuhnya.

Berkomentarlah dengan baik dan bijak menggunakan facebook