WARTALIKA.id – Yayasan Sahabat merupakan tempat dimana para pecandu maupun penyalahguna narkotika psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA) dapat kembali pulih. Selain dapat pulih, mantan pengguna narkotika di yayasan itu akan dibekali berbagai ilmu keterampilan seperti, Otomotif, Tata Boga, Teknisi Listrik, Petukangan, Ternak Lele, Kerajinan Kulit, Kerajinan Tangan dari Kain Perca.

“Yayasan Sahabat berdiri sejak 2016 hingga saat ini kurang lebih 500 mantan pengguna telah diberikan layanan rawatan dengan alur rehabilitasi pada umumnya menggunakan terapi Sosial, secara grafik signifikan angka keberhasilan dari mantan pengguna sekitar 60 persen,” kata Ketua Yayasan Sahabat, Silvana Nasution kepada WARTALIKA.id, Sabtu 2 September 2023.

Adapun keberhasilan yang diberikan kepada para mantan pengguna narkotika, yakni melalui konseling individu dan dengan psikoedukasi serta pelatihan untuk lebih memahami faktor bio, psiko, dan sosial.

“Hal ini kita lakukan ketika terjadinya kekambuhan, atau pengguna tersebut kembali menggunakan narkotika. Dengan begitu, sehingga mereka akan lebih fokus dan dapat kembali pulih secara berangsur-angsur,” tambahnya.

”SPACEIKLAN”

Lebih jauh Silvana menjelaskan sejarah singkat keberhasilan Yayasan Sahabat selama memberikan perawatan dan ditangani oleh konselor/psikolog profesional serta dibantu tenaga medis kesehatan.