WARTALIKA.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia(Polri) menggelar seminar internasional dengan tema “Shaping the Future of Police Women: Gender Diversity in Policing” di The Stone Hotel, Legian Bali, Rabu (27/09/2023).

Seminar tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti,  mewakili Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.  Pembukaan seminar tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh kadivhubinter.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan oleh Kadivhubinter Irjen Pol Krishna Murti, mengatakan bahwa Polri sangat mendukung terhadap peran gender dalam Polri. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan, di antaranya peningkatan jumlah polwan, penandatanganan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2022 tentang tentang Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Polri, dan pemberian ruang seluas-luasnya bagi polwan untuk mendapatkan panggung pada pemolisian.

“Pengaruh utama gender dan bagaimana memberi ruang seluas-luasnya kepada rekan-rekan (Polwan) sekalian untuk mendapatkan panggung pada pemolisian jadi secara kebijakan secara tindakan sebenarnya Isu gender sudah tidak masalah di Polri itu yang perlu ditekankan dalam penyampaian beliau sama sekali tidak ada masalah,” ujar Irjen Krishna.

Selain itu Kadivhubinter juga menyampaikan pengalaman pribadinya saat berdinas di markas besar PBB di New York. Saat itu, isu penugasan perempuan dalam misi PBB di daerah konflik menjadi tantangan. Polri, pada saat itu, termasuk yang tidak memberikan perhatian cukup terhadap penugasan perempuan dalam misi tersebut. Namun, melalui seminar ini, Polri ingin mengubah pandangan internasional terkait kapabilitas dan kapasitas perempuan dalam Polri.

”SPACEIKLAN”

“kami menargetkan angka 20% untuk picpiker Polwan yang dikirim di misi dan itu sulit sekali tercapai karena beberapa kendala kendala yang utama tentunya ada di pemangku kebijakan masing-masing negara,” ujar Kadivhubinter.

lebih lanjut Kadivhubinter mengingatkan bahwa untuk merubah organisasi, seseorang harus mulai dengan diri sendiri. Polri selalu mendukung pengembangan organisasi, termasuk upaya untuk memperkuat peran perempuan dalam polisi.

IKUTI BERITA WARTALIKA DI:

GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *