WARTALIKA.id – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo membuka Diklat Rescue Journey Angkatan ke-2 tahun 2023. Diikuti 140 peserta dari berbagai komunitas otomotif. Diselenggarakan atas kerjasama IMI bersama Ride Safety Culture Education Journey (RESCUE), INAnews, 645 Magazine, Tekiro Handtools, serta Mayapada Hospital, serta berbagai elemen organisasi pendukung lainnya.

“Kegiatan pembekalan rescue dan pelatihan safety riding ini sangat urgent dan krusial, mengingat jumlah kuantitas dan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas di Indonesia cukup tinggi. Sebagai gambaran, BPS mencatat angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021 mencapai 103.645 kasus, dan menyebabkan 25.266 korban meninggal. Kemudian pada periode Januari 2022 hingga September 2022 lalu, Korlantas Polri mencatat sebanyak 94.617 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya,” ujar Bamsoet saat membuka Diklat Rescue Journey Angkatan ke-2 tahun 2023 di Jakarta, Minggu (1/10/23).

Hadir antara lain Media dan Komunikas IMI Pusat Dwi Nugroho, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Ketua Dewan Penasihat motor Besar Indonesia Basrizal Koto dan Ketua Umum Motor besar Indonesia Rio Castello.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, pada beberapa momen libur panjang, khususnya pada perayaan hari besar keagamaan, jumlah kecelakaan lalu lintas juga meningkat secara signifikan. Misalnya pada saat Operasi Lilin dalam rangka perayaan Natal 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas naik 11 persen dari tahun sebelumnya. Kemudian pada saat arus mudik lebaran 2023, tercatat sebanyak 1.457 kasus kecelakaan yang menyebabkan 189 korban tewas.

”SPACEIKLAN”