WARTALIKA.id – Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Kaukus Mahasiswa Untuk Perubahan (KMUP) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung BRI 1, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat pada Rabu 18 Oktober 2023.

Aksi unjuk rasa tersebut mengkritisi kerja sama yang dikemas dengan nama Indonesia Tani antara BRI Agro dan TaniFund yang merupakan platform fintech milik TaniHub sebesar 200 miliar pada 06 Januari 2021 yang disinyalir adanya dugaan data kredit fiktif dan tidak diindahkanya prinsip kehati-hatian oleh BRI Agro sehingga kredit macet dan berujung pada gagal bayar yang berpotensi menimbulkan kerugian negara.

Aksi Demonstrasi dilakukan dengan menggunakan Mobil Komando, Koordinator Lapangan Budiman menyampaikan bahwa penegak hukum harus mengusut dari hulu ke hilir untuk memeriksa setiap dokumen transaksi dan skema kerja sama serta aliran dana baik dari BRI Agro maupun TaniFund sampai kepada peminjam (Petani) mengingat pada Desember 2022, TaniHub mendapat gugatan PKPU yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 363/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN Niaga Jkt.Pst.

“Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menyampaikan bahwa Tanifund sudah angkat tangan dan tidak melaksanakan action plan apapum dan melakukan apapun hal tersebut menjadikan uang Negara dengan jumlah 200 milyar hilang” ucap Budiman, kepada wartawan, Jakarta, Kamis(19/10/2023).

”SPACEIKLAN”