WARTALIKA.id – Kunjungan Jurnalis dari surat kabar Economic and Business Editor El Mercurio Chile, surat kabar Metro Libre Panama, dan Record TV Brazil ke Indonesia, khususnya ke Museum Sejarah di Kawasan Kota Tua dan Monumen Nasional Jakarta, Minggu, 29 Oktober 2023,  merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan 21st FEALAC Journalists’ Visit Program (JVP) 2023, yang telah diselenggarakan di Singapura pada 23-27 Oktober 2023.

FEALAC terdiri dari 36 negara anggota, yaitu 16 negara Asia Timur termasuk negara-negara anggota ASEAN, dan 20 negara Amerika Latin.

Para jurnalis tersebut merupakan jurnalis dari surat kabar Economic and Business Editor El Mercurio Chile, surat kabar Metro Libre Panama, dan Record TV Brazil.

Selain para jurnalis Asing dari Amerika Latin, City tour FEALAC Journalists’ Visit Program (JVP) 2023 Post-Event Program juga diikuti oleh 7 jurnalis dari media online yang tergabung dalam Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta, seperti WARTALIKA.id, Indonesia Media Center, Otoritas.co.id, Penaexpose, DetiknewsTV, Jagakampung dan Swaradesa.

”SPACEIKLAN”

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, menghadirkan para Jurnalis asing ke Kota Tua dan Monumen Nasional menjadi salah satu strategi dan langkah nyata pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia pada umumnya, kota Jakarta pada khususnya di mata dunia.

“Kota Tua dan Monas adalah destinasi wisata sejarah dan destinasi budaya yang patut untuk ketahui dunia internasional,” kata Andhika.

Oleh karenanya, Andhika menambahkan, pada kegiatan City tour FEALAC Journalists’ Visit Program (JVP) 2023 Post-Event Program ini, para awak media Asing kita hadirkan di kedua destinasi tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Sherly Yuliana selaku Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf Provinsi DKI Jakarta sekaligus Plt. Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, bahwasanya Kawasan kota tua Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit bagi wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara.

“Kotu ini sebuah Kawasan bersejarah yang menjadi salah satu destinasi favorit bagi para turis manca negara maupun turis lokal dari semua usia,” ujar Sherly.