WARTALIKA.id – Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Pergerakan Elemen Rakyat Indonesia Dan Satya Pancasila (DPP Prasatya) menggelar pelatihan kepemimpinan kader tingkat pertama bagi pengurus dan kader Prasatya se Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan kepemimpinan kader Prasatya dilaksanakan sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023, berlangsung semarak di Kawasan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, upacara pelantikan pengurus DPW Prasatya Jawa Timur dan seluruh DPD se Jawa Timur, telah usai digelar di lokasi yang sama.

Ketua DPW Prasatya Jawa Timur Edy Supriyadi didampingi Wakil Ketua Edi Prayitno, Sekretaris Endmart Yustitia Tulus A. S.Ds dan Bendahara Esther Suprapti SE menyambut hangat pelaksanaan pelatihan kepemimpinan kader yang dipimpin langsung oleh DPP Prasatya.

“Pelatihan kader ini membawa optimisme yang besar dan menggugah semangat juang kita untuk bersungguh-sungguh ingin mengibarkan panji-panji pergerakan organisasi. Ketua Umum Prasatya mengingatkan kita untuk terus menerus memperjuangkan kepentingan rakyat kecil,” ujar Edy Supriyadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/11/2023).

”SPACEIKLAN”

Disamping itu, sergahnya kemudian, pelatihan kepemimpinan ini juga bertujuan untuk mendidik kader Prasatya agar selalu memiliki eksistensi dan konsistensi pada setiap pergerakan organisasi dalam berkontribusi mengisi pembangunan yang luas dengan upaya mendapatkan dukungan otentik rakyat ke arah pencapaian cita-cita kebangsaan dan tujuan kepentingan nasional yang strategis untuk mewujudkan kesetaraan dan kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur.

“Melalui pelatihan kader ini, kita (Prasatya se Jawa Timur) dibentuk untuk lebih militan, bekerja keras dalam organisasi, dan meningkatkan sumber daya manusia yang lebih maju dan unggul,” ujar Edy Supriyadi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DPW Prasatya Jawa Timur Endmart Yustitia berharap melalui pelatihan kepemimpinan ini dapat menambah wawasan dan mendorong pengurus dan kader Prasatya se Jawa Timur semakin lebih punya loyalitas, berdedikasi tinggi, dan solid bergerak memperjuangkan kepentingan rakyat maupun organisasi.

“Dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, kita harus tetap guyub, rukun dan kompak. Kita juga harus turut membangun sinergisitas bersama tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda, serta pemerintah daerah setempat masing-masing,” harap Endmart Yustitia.

Sementara itu, Bendahara DPW Prasatya Jawa Timur Esther Suprapti SE menilai, bahwa melalui pelatihan kepemimpinan kader ini akan dapat membentuk karakter dan sikap juang kader Prasatya yang lebih berintegritas, jujur dan Ikhlas dalam melaksanakan amanat tiga pilar Prasatya. Akar pergerakan dan perjuangan kader Prasatya juga akan terbentuk menjadi kader yang kokoh dan terarah, sehingga kader bisa berfokus pada tujuan mendasar dalam berorganisasi.