WARTALIKA.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) mengikuti pameran Incentives, Business Travel & Meetings (IBTM) World Barcelona di Fira Barcelona Gran Via, Barcelona, Spanyol, 28-30 November 2023. Keikutsertaan DKI Jakarta pada ajang ini adalah yang pertama kali.

IBTM World merupakan pameran global terkemuka sektor Meetings, Incentives, Confereces dan Events Industry yang diadakan setiap tahun di Barcelona.

Tujuan utama pameran ini mempertemukan pelaku industri MICE antara Exhibitors dan Buyers, dengan menciptakan bisnis yang saling menguntungkan bagi organisasi serta membuka peluang dan membangun jaringan.

Selama tiga hari, IBTM World Barcelona 2023 menghadirkan lebih dari 3.000 destinasi menarik dan buyers yang siap bertransaksi dan berjejaring dengan 15.000 industri dari 100 negara di seluruh dunia dengan lima top negara di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis dan Belanda.

”SPACEIKLAN”

Dinas Parekraf DKI Jakarta memfasilitasi sembilan co-exhibitor Industri Pariwisata yang bergerak pada sektor usaha Venue, Hotel, Destination Management Company dan Asosiasi Industri Pariwisata.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, partisipasi pada pameran Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) diharapkan dapat memberikan kontribusi target proyeksi PAD Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2024 yaitu Rp 5,4 triliun dari pajak Hotel, Restoran dan Hiburan.

“Dunia pemasaran dan promosi tidak akan pernah berhenti, hal ini harus tetap dilakukan untuk memelihara mindset user bahwa Jakarta patut diperhitungkan sebagai tuan rumah event MICE bertaraf internasional,” ujar Andhika, Rabu (29/11/1023).

Dia menyampaikan, konsistensi Jakarta sebagai kota yang mampu menyelenggarakan event MICE bertaraf internasional, membuat Dinas Parekraf DKI Jakarta sebagai regulator harus terus melakukan inovasi.

Kombinasi antara event MICE dan Leisure dapat dilakukan, terlebih Jakarta meraih penghargaan sebagai Best Cities To Visit in 2024 dari Lonely Planet.