WARTALIKA.id –  Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan Hanoi, pada Jumat, 12 Januari 2024. Jokowi dan Thuong membahas sejumlah isu termasuk keamanan Laut Cina Selatan hingga kerja sama perikanan.

Indonesia dan Vietnam memperkuat hubungan melalui investasi korporasi, lebih banyak perdagangan.

“Penting menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan,” kata Thuong dalam sebuah pernyataan setelah ia bertemu Jokowi seperti dikutip dari Reuters. Adapun sampai Jumat, pukul 14.00 belum ada keterangan resmi dari Istana Presiden RI mengenai pertemuan Jokowi dengan Thuong.

Seorang pejabat Vietnam sebelumnya memastikan masalah ini akan dibahas di Hanoi selama kunjungan Jokowi. Sebelum kunjungan Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk menyelesaikan kode etik (CoC) Laut Cina Selatan – jalur perairan strategis untuk perdagangan dan energi, yang telah lama tertunda.

”SPACEIKLAN”

Beijing dan negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN telah berupaya sejak 2002 untuk membuat kerangka kerja untuk menegosiasikan kode etik tersebut. Namun kemajuannya berjalan lambat meskipun ada komitmen dari semua pihak untuk memajukan dan mempercepat proses tersebut.