WARTALIKA.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendampingi Presiden RI Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan Paralympic Training Center  di kawasan Bumi Perkemahan Delingan, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2024) siang.

Penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menpora Dito dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandai dimulainya groundbreaking pembangunan Paralympic Training Center.

Adapun areal yang telah disiapkan untuk membangun  tersebut seluas lebih kurang 8 hektare. Pembangunan tahap pertama  meliputi asrama, Gedung Olahraga (GOR) yang mencakup beberapa cabang olahraga seperti renang, boccia, menembak, tenis, badminton, judo dan angkat berat dan atletik
Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa gagasan untuk membangun training center bagi atlet paralimpik sudah ada sejak lama.

“Sebenarnya gagasan ini sudah lama untuk membangun sebuah training center bagi atlet-atlet paralimpiade. Bapak  Ketua NPC Indonesia Senny Marbun sudah sampaikan ke saya beberapa kali, tapi bisa kita eksekusi pada tahun ini dan insyaallah akan selesai tahun ini,” kata  Presiden dalam sambutannya.

”SPACEIKLAN”

Presiden menjelaskan, training center tersebut dibangun di lahan seluas 8 hektare dan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 409 miliar.