WARTALIKA.id – Seluruh jemaah dan masyarakat memenuhi undangan halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah, di Masjid Assalaamatul Waqfiyah, Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, pada Sabtu (20/4/2024).

Halal bihalal yang digelar usai sholat Subuh berjamaah ini untuk mempererat tali silaturahmi, kemudian dilanjutkan dengan tausiyah oleh KH.Auzai Anwari Mahfudz, LC.MA.

KH Auzai menyampaikan halal bihalal menjadi momentum ajang mempererat silaturrahmi dan saling maaf memaafkan. Halal bihalal memang merupakan tradisi tanah air dan tidak ditemukan di negara Arab maupun negara lain.

“Halal bihal ini cuma budaya Indonesia doang. Saya pernah tinggal di negara Arab dan negara lainnya selama sepuluh tahun lebih, ya tapi gak ada budaya halal bihal,” ujar KH Auzai saat diwawancara WARTALIKA.id.

”SPACEIKLAN”

Menurutnya, halal bihal sangat bagus dari dua sisi. Pertama saling bermaaf- maafan satu sama lain. Kedua menyambung kembali tali silaturahmi sehingga terjalin hubungan yang baik.

“Halal bihal juga membangun jiwa persatuan antara agama kaum muslimin. Itulah salah satu hikmah halal bihalal seperti yang tengah kita lakukan saat ini,” ucap KH Auzai.

Untuk itu, ia berharap agar budaya halal bihal perlu untuk terus dilestarikan agar tidak lekang oleh waktu.

“Titik point yang penting adalah anak-anak muda atau generasi setelah generasi yang sepuh. Jadi, jangan bermalas-malasan untuk ikut menghadiri halal bihal dilokasi masing-masing,” katanya.