WARTALIKA.id – Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran operasional kereta api (KA) selama masa angkutan lebaran 2023, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang ditempatkan di 19 lokasi Daerah Pengawasan Khusus (Dapsus) di jalur rel KA.

AMUS disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi hambatan di jalur rel akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, AMUS yang siapkan berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya dapat langsung difungsikan untuk penanganan.

“Adapun 19 titik lokasi yang telah tersedia AMUS diantaranya di Rangkasbitung, Catang, Tanahabang, Basoetta, Kebayoran, Parung Panjang, Tigaraksa, Tanjung Priok, Pasarsenen, Manggarai, Bogor, Depok, Batu Tulis, Parungkuda, Jatinegara, Bekasi, Lemahabang, Karawang, Cikampek,” jelas Eva dalam keterangannya pada Kamis (13/4/2023).

”SPACEIKLAN”

IMG 20230413 130417

Menurutnya, beberapa material yang disiapkan antara lain batu balast 400m3, kawat bronjong, bantalan kayu, peralatan kerja dan material lainnya yang telah disiapkan di atas gerbong datar untuk penanganan darurat.

Sementara dari 17 lokasi Dapsus diantaranya rawan banjir dan longsor, namun untuk jalur lintas KA jarak jauh hanya terdapat 2 rawan banjir yakni di sekitar wilayah Bekasi Timur dan Lemahabang.

Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan tim khusus seperti petugas flying gang dan penempatan petugas ekstra disejumlah wilayah untuk melakukan percepatan penanganan jika terjadi kondisi tertentu.

“Secara total terdapat sekitar 73 petugas prasarana jalur rel dan jembatan yang terdiri dari 20 PPJ Ekstra, 36 PJL Ekstra, dan 17 Penjaga Daerah Pengawasan Khusus (Dapsus). Sebanyak 185 petugas dibagian sinyal dan telekomunikasi juga disiapkan untuk mengawal angkutan lebaran,” ujar Eva.