WARTALIKA.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana dalam menghadapi angkutan Lebaran Idul Fitri 2024 menjelang periode mudik pada tanggal 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Beberapa kesiapan tersebut seperti antisipasi sarana dan prasarana, pengamanan dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun dan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, dalam antisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran 2024, maka dilakukan penempatan
sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan.

“Hal yang sama juga pada penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan serta menempatkan petugas prasarana extra antara lain Petugas Jaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus),” kata Ixfan dalam keterangan tertulis kepada WARTALIKA.id, Minggu (31/3/2024)

”SPACEIKLAN”

Selain itu, dalam peningkatan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun kereta api, KAI Daop 1 Jakarta melakukan koordinash kewilayahan dengan aparat setempat serta meningkatkan pengamanan pada daearah rawan kamtib. Dengan jumlah petugas pengamanan yang tersebar.

KAI juga terus melakukan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api masa mudik lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan pemeriksaan lintas oleh management.

“KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasam sebidang,” ucap Ixfan.

Tak hanya antisipasi dan peningkatan keselamatan yang sudah di persipakan menjelang mudik lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan Kereta Api Reguler maupun Tambahan dengan kesiapan baik dari Lokomotif, Kereta, maupun Kereta Pembangkit untuk mendukung angkutan mudik lebaran.

“KAI Daop 1 jakarta sudah mempersiakan demi kelancaran mudik lebaran 2024 sebanyak 1.677 KA termasuk KA tambahan selama periode mudik lebaran dengan KA perharinya 76 KA, dan juga kesiapan dari 135 Locomotif dan 84 Kereta pembangkit dengan berbagai kondisi yang baik mulai dari yang siao digunakan hingga cadangan demi kelancaran momen mudik lebaran 2024,” imbuh ixfan.