Pada mudik lebaran 2024, dikatakan Ixfan, KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk untuk penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) sebanyak 957.138 tempat duduk dengan rata-rata harian tempat duduk 43.506 tempat duduk

“Jika dibandingkan pada mudik lebaran tahun 2023, pada tahun 2024 ini jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan meningkat 8 persen yang dimana pada tahun 2023 hanya menyediakan 917.017 tempat duduk untuk penumpang kereta jarak jauh,” ujarnya.

Selain itu, tak hanya KAJJ dari Daop 1 Jakarta saja, ada KA angkutan Motor Gratis (Motis) kolaborasi antara Kemenhub dengan KAI untuk membantu masyarakat yang ingin mudik kekampung halaman sehingga dapat membantu masyarakat untuk membawa kendaraan saat mudik.

“Untuk Angkutan Motis tahun ini membawa 2.014 penumpang perharinya dengan membawa total 870 unit motor perhari pada periode selama 14 hari, dengan kapasitas kereta yang berbeda-beda dalam lintasnya, untuk lintas sendiri motis ada 3 lintas yaitu lintas utara relasi Cilegon-Semarang Tawang, Lintas Tengah relasi Jakarta Gudang-Kutoarjo dan yang terakhir Lintas Selatan via Bandung relasi Jakarta Gudang-Madiun,” tambah Ixfan.

”SPACEIKLAN”

Untuk pengamanan, Ixfan mengungkapkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 591 personel yang tersebar diseluruh wilayah kerja daop 1.

“Jumlah keseluruhan personel pengamanan tersebut tersebar mulai dari pasukan pengamanan di Stasiun-stasiun wilayah daop 1, diperkantoran daop 1, maupun di daerah rawan pada gangguan kamtib,” jelas Ixfan.

KAI akan terus memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang jasa angkutan kereta api yang ingin mudik lebaran tahun 2024, karena pada tahun 2024 ini KAI mensosialisasikan kepada penumpang untuk selalu menikmati perjalanan dengan ceria dan penuh makna.