WARTALIKA.id  – Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif menjelang Pemilu 2024, Aparat Keamanan (Apkam) Banyumas dari TNI, Polri, Pemkab beserta instansi terkait menggelar Latihan Sispamkota, di Alun-alun Pemkab Banyumas, Purwokerto, Banyumas, Senin(25/9/2023).

Latihan Sispamkota diikuti prajurit Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0701/Banyumas, Polresta Banyumas dan Pemkab Banyumas beserta instansi terkait. Dan bertindak selaku pimpinan apel Sispamkota, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma,  dan Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma mengatakan simulasi sistem pengamanan kota ini sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin timbul saat pelaksanaan pemilu nanti. Karenanya, aparat keamanan baik TNI, Polri, Pemkab dan instansi terkait di Banyumas menggelar simulasi Sispamkota untuk melatih kemampuan personel sebagai langkah dan upaya menjaga kondusifitas diwilayah Banyumas.

Simulasi Sispamkota ini, merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa yang mengganggu pelaksanaan pemilu. Sehingga dengan dilatihkannya Sispam Kota ini, nantinya akan dijadikan prosedur tetap dalam penanganan prosedur menghadapi kontinjensi yang timbul dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang”, terangnya.

”SPACEIKLAN”

Apel simulasi ini menjadi momentum baik dari semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta deteksi dini menjadi salah satu bukti kewaspadaan,” ujarnya.

Selain itu, Danrem juga mengatakan, latihan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI, Polri beserta instansi terkait siap mengamankan wilayah Banyumas dan siap melindungi masyarakat Banyumas.