WARTALIKA.id – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono,  mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara pengiriman bantuan ke Palestina bertempat di Baseoff Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Panglima TNI mengerahkan dua pesawat C-130 Hercules untuk mengirim bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia kepada rakyat Palestina di Gaza. Penggalangan dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk korban perang Hamas-Israel mulai digulirkan, tak terkecuali Bangsa Indonesia.

Dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut membantu misi kemanusiaan rakyat Palestina, dengan mengerahkan dua unit pesawat Hercules C-130 TNI AU dan melibatkan sejumlah 44 personel TNI, diantaranya personel Mission Commander Kolonel Pnb Subhan, satu personel Deputy Mission Commander, satu personel Dalops Sops TNI, 17 personel Crew Pesawat A-1327, 17 personel Crew Pesawat A-1328, 6 personel Tim Pam Kopasgat dan satu orang Puspen TNI.

Dalam misi kemanusiaan tersebut, selain personel TNI yang akan onboard di pesawat Hercules Wamenlu RI Pahala Nugraha Mansury beserta staf dan staf Kemhan RI.  Penerbangan berangkat dari Indonesia, 4 November 2023 dengan rute Halim, Jakarta – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Saudi Arabia) – El Arish (Mesir). Tiba di Bandara El Arish Mesir pada 6 November 2023.

”SPACEIKLAN”