WARTALIKA.id – Korem 071/Wijayakusuma, Kodam IV/Diponegoro, melaksanakan Upacara memperingati hari Pahlawan yang ke 78 Tahun 2023, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, menjadi Inspektur Upacara tingkat Pemerintah Kabupaten Banyumas, Purwkerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat(10/11/2023).

Upacara diikuti segenap Forkopimda Banyumas, prajurit TNI, anggota Polri, Satpol PP, PNS, LVRI, pelajar, elemen masyarakat lainnya dan organisasi kewanitaan Banyumas, berlangsung di Halaman Pendopo Sipanji Pemkab Banyumas, Purwokerto, Banyumas.

Dalam peringatan yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, membacakan amanat Mensos RI, Tri Rismaharini.

Mensos mengungkapkan, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikarunia begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

”SPACEIKLAN”

Inilah yang menurutnya, menjadi tantangan yang sesungguhnya bagi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

Meski demikian, hal itu akan dapat dijawab dan teratasi dengan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ungkap Mensos.