WARTALIKA.id – Memperingati Hari Juang TNI AD ke 78 Tahun 2023, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, selaku Irup memperingati Hari Juang TNI AD Ke-78 Makorem 071/Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma menegaskan kepada segenap prajurit dan PNS TNI AD serta keluarga besarnya untuk selalu memegang teguh komitmen Netralitas TNI. Jumat (15/12/2023) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Hal itu, ditegaskannya terkait akan dilaksanakannya Pemilu di Tahun 2024 mendatang.

Kasad mengatakan, menghadapi tahun politik, harus belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi ditahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

”SPACEIKLAN”

Untuk menghadapi itu, Kasad meminta agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan yang mungkin terjadi dilingkungan masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI.

Terkait dengan memperingati Hari Juang TNI AD, Kasad mengatakan, Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. “Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di pertempuran Ambarawa, meski dalam kondisi sakit tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan”, ungkapnya.