WARTALIKA.id – Kehadiran partai politik di Indonesia merupakan bagian tidak terpisahkan dari sistem demokrasi yang dijalankan. Melalui partai, kemajemukan yang ada dalam demokrasi dapat ditampung dalam satu wadah. Oleh karena itu, partai politik memiliki peran strategis dalam mengawal kemajuan bangsa di tengah pluralisme yang ada.

“Hal ini merupakan konsekuensi kita memilih demokrasi sebagai jalan menuju kesejahteraan dan membangunnya di atas kemajemukan. Oleh karena itu, partai politik memiliki peran sebagai kekuatan pemersatu bangsa di tengah kebhinekaan,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Peringatan HUT ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di Sekolah Partai DPP PDIP, Jl. Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta, Rabu (10/01/2024).

Pada acara yang mengambil tema Satyam Eva Jayate (Kebenaran Pasti Menang), lebih lanjut Wapres menyampaikan, melalui kehadiran partai politik inilah masyarakat memiliki tempat untuk menyuarakan berbagai gagasan, visi, dan misi. Dengan demikian, maka keberagaman gagasan akan terus ada dan seluruhnya dapat saling mengisi untuk menjadikan Indonesia Maju ke depan.

“Indonesia membutuhkan partai politik yang kuat sebagai aset bangsa dalam meneguhkan demokrasi, memperkuat kesetaraan dan memperjuangkan keadilan. Kehadiran partai yang besar dan kuat merupakan keniscayaan dalam membangun negara Indonesia yang maju dan pluralis ke depan,” imbuhnya.

”SPACEIKLAN”

Pada kesempatan ini, Wapres pun menyampaikan harapannya agar partai politik yang ada di Indonesia dapat terus melanjutkan semangat demokrasi. Hal tersebut harus diawali dengan pencetakkan kader partai yang andal dan berintegritas.

“Sekolah Partai milik PDI Perjuangan telah menjadi kawah candradimuka bagi para kader untuk menimba ilmu tentang politik dan praktiknya, sebelum terjun langsung menjadi politisi yang andal, profesional, dan berintegritas,” ungkapnya.