WARTALIKA.id – Menjalin dan memperkuat sinergitas kepada seluruh Aparat Penegak Hukum (APH) dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan diharapkan dapat mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Demikian yang disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun pada kegiatan Rapat Koordinasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Polisi, di The Acacia Hotel, Selasa 30 Januari 2024.

Ibnu Chuldun mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai wadah untuk mewujudkan persamaan persepsi dari semua unsur lembaga penegakan hukum.

‘”Dibutuhkan komitmen persatuan dari seluruh pihak untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban pada pesta demokrasi yang sedang memasuki masa kampanye ini,” tegas Ibnu Chuldun dalam siaran pers yang diterima Wartalika.id, 

“Komitmen bersama yakni antara APH dengan KPU dan Bawaslu dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu khususnya di Lapas/Rutan/LPKA di Wilayah DKI Jakarta,” sambung dia.

Ibnu mengimbau petugas Pemasyarakatan yang merupakan ASN dari Kemenkumham RI wajib menjunjung tinggi asas netralitas sesuai dengan Surat Edaran Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal tentang Penyampaian Ketentuan terkait Netralitas ASN dan PPNPN di Lingkungan Kemenkumham dalam Penyelenggaraan Pemilu.

“Bersikap netral serta melakukan sosialisasi asas netralitas kepada seluruh ASN dan PPNPN menjadi beberapa hal yang wajib dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenkumham,” ujarnya.