WARTALIKA.id – Kasdim 0505/Jakarta Timur Letkol Inf Ali Cahyono, hadiri acara kegiatan silaturahmi ketua RT/RW, Tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda, sosialisasi Pencegahan, Antisipasi Terjadinya Tawuran serta kekerasan seksual perempuan dan anak dilingkungan masyarakat bertempat di kantor Kecamatan Jatinegara Jln. DI. Panjaitan Kelurahan Cipinang Cempedak, Selasa (7/11/2023).

Pada kegiatan tersebut Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono memberikan arahan sbb : Faktor penyebab terjadinya tawuran pelajar adalah tekanan teman sebaya, ini mirip dengan gengsi yang sering dialami oleh remaja atau pelajar. Remaja yang sudah terbiasa melakukan kekerasan sendiri, akan sangat merasa diberdayakan ketika berada dalam sebuah kelompok pertemanan yang mendukungnya.

Dampak yang ditimbulkan dari tawuran adalah Kematian dan luka berat bagi para siswa, pelaku dan masyarakat.

Kerusakan yang parah pada kendaraan dan kaca gedung atau rumah yang terkena lemparan batu, Trauma pada para siswa dan masyarakat yang menjadi korban dan Rusaknya mental para generasi muda.

”SPACEIKLAN”

Saya berpesan kepada para ketua RT/RW, Tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda agar selalu mengantisipasi, identifikasi wilayahnya masing-masing dan fokus dalam pencegahan, kerawanan Jam tertentu terjadinya tawuran, baik di siang hari ataupun malam hari.

Selain tawuran kita juga mengantisipasi terjadinya kekerasan seksual perempuan dan anak dilingkungan masyarakat,Tujuan dari sosialisasi ini adalah mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Penyebab terjadinya kasus kekerasan pada anak pada umumnya karena kurang pengawasan orang tua, pergaulan bebas, pengaruh lingkungan, faktor ekonomi, kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seks pada anak dan gadget/gawai. Pelaku pada umumnya orang-orang terdekat dengan korban.