WARTALIKA.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menilai solidaritas dan kepemimpinan global adalah kunci untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi akibat konflik Israel-Palestina maupun perang Rusia-Ukraina.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga perdamaian. Kita harus tunaikan tanggung jawab ini sekarang juga,” kata Jokowi dalam kuliah umum yang diikuti 500 mahasiswa dan akademisi di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, Senin, (13/11/2023) waktu setempat.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia dianugerahi oleh perbedaan dan keberagaman yang mampu mempersatukan bangsa. Dalam pengelolaannya, Indonesia memiliki ideologi Pancasila yang menjadi panduan dalam kehidupan bernegara.

“Dalam mengelola keberagamannya Indonesia memiliki panduan, memiliki ideologi yaitu Pancasila, unity in diversity yang menginspirasi di setiap sendi-sendi kehidupan termasuk kehidupan bernegara,” kata Presiden.

”SPACEIKLAN”

Presiden melanjutkan, bagi Indonesia suatu perbedaan yang berakhir pada rivalitas dan kompetisi antarnegara merupakan hal yang wajar. Namun demikian, dirinya menekankan pentingnya mengelola perbedaan tersebut agar tidak menimbulkan konflik terbuka yang dapat dipicu oleh ketidakstabilan kawasan.