WARTALIKA.id – PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) menyediakan layanan porter gratis selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 kepada penumpang penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus pengguna kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Petugas layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus rompi berwarna orange.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, petugas porter secara proaktif akan membantu penumpang khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya.

Menurut Eva; layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.

”SPACEIKLAN”

“Para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4 dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut,” kata Eva dalam keterangan tertulisnya kepada WARTALIKA.id, Minggu (25/12/2022)

Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna KA, jika dirasa membantu di area Stasiun.

Pada masa Nataru 2022/2023 Stasiun Pasar Senen merupakan Stasiun KA karak jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi. Pada Jumat lalu (23/12) totalnya sekitar 23 ribu pengguna kereta api berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Sedangkan hari ini pada Minggu (25/12) tercatat sekitar 18.800 penumpang berangkat. Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang.

KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan berangkat menggunakan KA jarak jauh agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan.