WARTALIKA.id – PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) menyediakan layanan porter gratis selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 kepada penumpang penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus pengguna kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Petugas layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus rompi berwarna orange.
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, petugas porter secara proaktif akan membantu penumpang khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya.
Menurut Eva; layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.
“Para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4 dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut,” kata Eva dalam keterangan tertulisnya kepada WARTALIKA.id, Minggu (25/12/2022)
Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna KA, jika dirasa membantu di area Stasiun.
Pada masa Nataru 2022/2023 Stasiun Pasar Senen merupakan Stasiun KA karak jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi. Pada Jumat lalu (23/12) totalnya sekitar 23 ribu pengguna kereta api berangkat dari Stasiun Pasar Senen.
Sedangkan hari ini pada Minggu (25/12) tercatat sekitar 18.800 penumpang berangkat. Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang.
KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan berangkat menggunakan KA jarak jauh agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan.
Hal ini mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 sebagai berikut:
1. Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster).
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua.
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
2. Usia 6-12 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan.
Kemudian orang tua atau orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.
3. Usia 13-17 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.
KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.
Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari resiko tertinggal KA.
Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.