WARTALIKA.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkap enam kerja sama Indonesia – Vietnam, hasil pertemuan bilateral yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) Pham Minh Chinh. Dia mengatakan yang pertama, yaitu di bidang perdagangan. Presiden Jokowi dan PM Chinh menyambut baik tercapainya target perdagangan US$10 miliar atau setara dengan Rp155,3 triliun.

“Bapak Presiden Jokowi dan PM Chinh sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan serta meningkatkan perluasan akses pasar dan pengurangan hambatan perdagangan,” katanya, dalam Press Briefing, Jumat (12/1/2024) malam.

Menlu RI Retno menegaskan bahwa untuk mencapai hal tersebut, kedua pemimpin menyampaikan bahwa target perdagangan ke depan adalah lebih tinggi dari US$15 miliar atau Rp233 triliun pada 2028.

Kedua, yaitu di bidang investasi. Menlu mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta dukungan PM Chinh untuk terus mendorong iklim investasi yang kondusif yang mengutamakan aspek pelindungan terhadap investor, termasuk tentunya di Vietnam adalah investor Indonesia.

”SPACEIKLAN”

“Karena, sekali lagi, banyak sekali investor Indonesia yang sudah beroperasi di sini. Dan ini menunjukkan keberpihakan Bapak presiden terhadap para Investor Indonesia yang melakukan kegiatan di luar negeri,” ujarnya.